NEWS

Kementerian Perhubungan Hentikan Uji Coba LRT Jabodetabek per Hari Ini

Uji coba terbatas dibuka kembali 25 Juli 2023.

Kementerian Perhubungan Hentikan Uji Coba LRT Jabodetabek per Hari IniSejumlah pekerja menyelesaikan proyek infrastruktur Depo LRT (Light Rail Transit) Jabodebek di Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.
17 July 2023

Jakarta , FORTUNE - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menghentikan sementara uji coba terbatas Light Rail Transit (LRT) atau Lintas Rel Terpadu Jabodebek mulai hari ini, 17 Juli 2023 hingga Kamis 20 Juli 2023.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, mengatakan penghentian sementara uji coba, baik untuk komunitas maupun masyarakat umum, dilakukan demi menyempurnakan sistem.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini. Semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," kata Risal dalam keterangan resminya, Senin (17/7).

Risal mengatakan DJKA telah menggelar Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/7).

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," kata Risal.

Setelah keseluruhan pembaharuan software selesai, lanjut Risal, akan ada uji coba lagi sebelum sebelum dibuka kembali untuk umum. "Kami akan lakukan trial run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan Uji Coba Operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," ujarnya.

Uji coba dua fase

Sebelumnya, uji coba terbatas LRT dimulai sejak 12 Juli 2023.

Rencananya uji coba dilakukan bertahap dengan fase pertama berlangsung pada 12–26 Juli 2023.

Pada fase pertama, peserta undangan terbatas dari kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua yang berlangsung pada 27 Juli sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uj coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Uji coba operasional terbatas itu dilaksanakan pada pukul 08.00-12.30 WIB dengan jumlah empat perjalanan kereta per hari, yang akan melayani tiga lintas, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti, dan Cawang-Jatimulya.

Dalam sehari, jumlah penumpang LRT ditargetkan maksimal 600 undangan. Mereka hanya dapat melakukan tap in di tiga stasiun LRT Jabodebek, yaitu Harjamukti, Jatimulya, dan Dukuh Atas.

Namun, para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati. Transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan kartu uang elektronik (KUE) dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik, dengan tarif Rp1.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.