NEWS

Pemerintah Buka Kemungkinan Tapera Ditarik Sebelum 2027

Dana Tapera akan dipupuk ke berbagai instrumen keuangan.

Pemerintah Buka Kemungkinan Tapera Ditarik Sebelum 2027Konferensi pers kebijakan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). (Doc: Fortune Indonesia)
06 June 2024

Fortune Recap

  • Dana iuran Tapera dari pekerja swasta tidak akan dimundurkan dari 2027, bisa lebih cepat jika perusahaan cukup siap.
  • Keputusan penarikan iuran bergantung pada surat edaran Kementerian Ketenagakerjaan.
  • Dana iuran Tapera sebesar 3 persen akan dipupuk ke instrumen investasi.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna, memastikan penarikan dana iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dari pekerja swasta tidak akan dimundurkan dari 2027.

Bahkan, jika mungkin, dan sejumlah perusahaan cukup siap, penarikan iuran bisa dilakukan lebih cepat.

Namun, hal tersebut akan bergantung dari keputusan Kementerian Ketenagakerjaan, yang akan mengeluarkan surat edaran pemungutan iuran Tapera.

"Kata kuncinya surat dari Kementerian Ketenagakerjaan. Kalau suratnya enggak keluar, ya enggak akan dipungut," ujarnya saat ditemui di Kantor BP Tapera, Rabu (5/6).

Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti, menjelaskan bahwa dana iuran Tapera sebesar 3 persen dari gaji pekerja swasta nantinya akan dipupuk ke sejumlah instrumen investasi, antara lain obligasi syariah Sukuk dan Surat Berharga Negara (SBN).

"Dia boleh [investasikan] di mana saja karena BP Tapera merupakan operator investasi pemerintah. Dia boleh deposito perbankan, kemudian SBN, termasuk Sukuk, dan lain-lain," kata Astera dalam acara media briefing di Jakarta, Rabu (5/6).

Dari dana pemupukan tersebut, BP Tapera berharap dapat memperoleh pengembalian lebih besar sehingga dapat membiayai pembangunan lebih banyak rumah.

Pengawasan OJK

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.