NEWS

Pesawat Indonesia Flying Club Jatuh di Lapangan Sunburst BSD

Tiga korban sudah dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati.

Pesawat Indonesia Flying Club Jatuh di Lapangan Sunburst BSDPetugas gabungan mengangkut bangkai pesawat latih Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP ke atas truk di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (19/5). (ANTARA FOTO//Sulthony)
20 May 2024

Fortune Recap

  • Pesawat jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, pada Minggu siang
  • Pesawat bertipe Tecnam P2006T milik Indonesia Flying Club, terbang dari Tanjung Lesung menuju Pondok Cabe
  • Proses evakuasi korban telah selesai dan penyebab jatuhnya pesawat sedang diinvestigasi oleh KNKT
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sebuah pesawat jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, pada Minggu siang, sekitar pukul 13.50 WIB.

Pada minggu sore, video dan gambar badan pesawat tersebut ramai diperbincangkan di media sosial lantaran jatuh tidak jauh dari jalan raya yang ramai.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengungkapkan pesawat jatuh tersebut bertipe Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia).

Sebelum mengalami kecelakaan, pesawat tersebut terbang dari bandara Tanjung Lesung, Banten, dan hendak menuju bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

"Pesawat PK-IFP dengan 3 (tiga) orang onboard  (1 pilot, 1 kopilot dan 1 teknisi). Saat ini proses evakuasi korban telah selesai dan telah dibawa ke RS POLRI di Kramatjati untuk diidentifikasi lebih lanjut," ujar Adita dalam keterangan resminya, dikutip Senin (20/5).

Berdasarkan info dari pemilik pesawat, yakni Perkumpulan Penerbang Indonesia, korban kecelakaan tersebut adalah Capt. Pulu Darmawan (pilot), Capt. Suanda (co-pilot), dan Farid Ahmad (engineer).

Sejauh ini, Kementerian perhubungan masih mendalami penyebab jatuhnya pesawat dengan melakukan penyelidikan, yang digelar oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Adita sekaligus memberikan verifikasi bahwa pesawat jatuh tersebut bukan berasal dari Sekolah Penerbangan Curug yang berlokasi tidak jauh dari BSD. 

KNKT akan menganalisis percakapan pilot

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.