NEWS

Soal Kabar Gaji PNS Naik pada 2025, Ini Penjelasan Kemenkeu

Kenaikan gaji bisa berupa tunjangan atau gaji pokok.

Soal Kabar Gaji PNS Naik pada 2025, Ini Penjelasan KemenkeuDirektur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata. (Dok. PLN)
24 July 2024

Fortune Recap

  • Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu membahas rencana kenaikan gaji ASN pada APBN 2025, termasuk penyesuaian komponen lain.
  • Kepastian rencana kenaikan gaji ASN akan diumumkan saat Nota Keuangan pada 16 Agustus oleh Presiden Joko Widodo.
  • Rencana penyesuaian gaji PNS tercantum dalam dokumen KEM-PPKF 2025 Edisi Pemutakhiran, termasuk restrukturisasi belanja pegawai dan penghematan komponen belanja pegawai.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, mengatakan pemerintah masih membahas rencana kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025. 

Kenaikan tersebut, kata dia, juga dapat berupa penyesuaian komponen yang ada di dalamnya, bukan semata gaji pokok.

“[Penyesuaian] itu banyak bentuknya. Bisa menaikkan gaji pokok, menyesuaikan perbaikan tunjangan kinerja, atau memberikan insentif lain,” ujarnya di Kementerian Keuangan, Senin (22/7).

Dia mengatakan bahwa kepastian rencana kenaikan gaji ASN akan disampaikan Presiden Joko Widodo pada Nota Keuangan yang akan dibacakan pada 16 Agustus mendatang.

Rencana penyesuaian gaji PNS tertuang dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 Edisi Pemutakhiran.

Dalam dokumen itu, disebutkan bahwa restrukturisasi belanja pegawai menjadi salah satu arah kebijakan fiskal tahun 2025 untuk pemenuhan belanja pegawai.

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa pemerintah berencana merestrukturisasi belanja pegawai yang hanya mencakup gaji dan tunjangan melekat, tunjangan kinerja daerah, serta iuran pensiun dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain penyesuaian gaji, pemerintah juga berencana menghemat komponen belanja pegawai dengan melakukan penyesuaian kebijakan kepegawaian, antara lain melalui penyusunan formasi PNS.

Penyusunan dimaksud berdasar atas analisis jabatan dan/atau analisis kebutuhan pegawai, penerapan kebijakan pengurangan jumlah pegawai secara bertahap (minus growth), dan penerapan kebijakan mutasi pegawai antar daerah.

Kenaikan gaji PNS pada 2024

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.