NEWS

Sri Mulyani Ungkap Kepemilikan Asing di SBN Tinggal 14 Persen

SBN tetap terpengaruh kondisi perekonomian global.

Sri Mulyani Ungkap Kepemilikan Asing di SBN Tinggal 14 PersenMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pandangan pemerintah terkait kebijakan fisikal saat rapat paripurna ke-17 masa persidangan V tahun sidang 2023-2024 di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/5). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
04 June 2024

Fortune Recap

  • Porsi kepemilikan asing di SBN menurun dari 40% menjadi 14% dalam 10 tahun terakhir.
  • Bank Indonesia masih menjadi pemegang terbesar SBN dengan porsi 24,45% (gross) dan 22,36% (net).
  • Pasar SBN tetap dipengaruhi sentimen global dan kebijakan negara maju.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan porsi kepemilikan asing pada surat berharga negara terus menurun dari waktu ke waktu. Tahun ini, investor non-resident atau asing hanya menggenggam 14 persen dari seluruh SBN yang diperdagangkan.

"Semakin besar investor SBN adalah investor dalam negeri. 14 persen investor SBN adalah investor global. Ini jauh menurun dari 10 tahun lalu di mana 40 persen investor SBN adalah investor global," ujarnya dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (4/6).

Data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan pada 30 Mei 2024 menunjukkan kepemilikan asing pada SBN hanya tersisa 14,01 persen. Porsi terbesar kepemilikan SBN masih dipegang oleh Bank Indonesia: gross pada 24,45 persen, dan net—tidak termasuk SBN yang digunakan dalam operasi moneter dengan bank—22,36 persen.

Meskipun demikian, pasar surat berharga negara tetap dipengaruhi sentimen global dan kebijakan negara-negara maju. Pasalnya, relativitas suku bunga antara SBN Indonesia dengan SBN negara-negara maju menjadi faktor yang menentukan daya tarik—jika yield Treasury Amerika Serikat naik, misalnya, yield SBN juga harus naik agar tetap bisa menarik investor.

Sementara itu, nilai tukar dan yield surat utang turut menjadi faktor yang menentukan dalam penyusunan APBN. 

Karena itulah, kata dia, koordinasi fiskal dan moneter terus dijaga dan diperkuat untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan yield dalam lingkungan higher for longer (bank sentral memutuskan untuk menjaga suku bunga tetap tinggi dalam waktu lebih lama).

"Dengan mencermati dinamika global dan kebutuhan untuk terus meningkatkan pembangunan Indonesia, maka arsitektur kebijakan fiskal 2025 adalah untuk menciptakan akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," kata Sri Mulyani.

Related Topics