NEWS

20 SMK Saling Adu Skill di Kompetisi Konversi Motor Listrik PLN

Tingkatkan kemampuan para siswa kejuruan

20 SMK Saling Adu Skill di Kompetisi Konversi Motor Listrik PLNPLN bersama Kementerian ESDM dan AISMOLI menggelar kompetisi konversi motor berbasis bahan bakar minyak ke listrik untuk SMK. Kompetisi ini merupakan rangkaian dari PLN EV Conversion Race 2024 yang digelar di Sentul, Minggu (22/9). (dok. PLN)
25 September 2024

Jakarta, FORTUNE - Dalam rangka mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) menggelar kompetisi konversi motor berbasis bahan bakar minyak (BBM) ke listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Kompetisi ini merupakan rangkaian dari PLN EV Conversion Race 2024 yang digelar di Sentul International Karting Circuit, Minggu (22/9).

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Eniya Listiani Dewi berharap kompetisi ini bisa meningkatkan kemampuan para siswa kejuruan maupun masyarakat umum tentang konversi motor listrik. 

“Dengan begitu, bisa mendorong semakin banyak bengkel-bengkel konversi motor listrik, menghasilkan multiplier effect, dan menumbuhkan industri dalam negeri,” kata Eniya.

“Mudah-mudahan ini menjadi satu pemicu bagi peserta untuk bisa meningkatkan skill dalam melakukan konversi roda dua secara tepat, akurat, dan cepat. Kami menangkap momen ini untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik," tambahnya.

Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM, Harris Yahya mengatakan, kompetisi ini diikuti oleh 20 SMK dengan total 20 unit motor yang dikonversi secara live di lokasi. Setiap tim terdiri dari tiga orang peserta siswa SMK.

"Ada motor bebek dan juga motor matic yang dijadikan acuan proses kompetisi konversi. Kemudian kita batasi waktunya lebih dari enam jam, setelah itu kita akan menilai," kata Harris.

Kehadiran kompetisi konversi motor ini juga disyukuri oleh para peserta. Salah satunya, Iqbal, pemenang juara 1 konversi yang berasal dari SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Ia menyebut kompetisi konversi motor di PLN EV Conversion Race 2024 semakin memacu dirinya untuk terus meningkatkan pengetahuan tentang electric vehicle (EV).  

"Saya sangat bersyukur bisa jadi juara satu. Semoga EV menjadi lebih baik ke depannya, semakin maju dan sukses. Saya juga berharap PLN terus mendukung, karena banyak bibit dari SMK yang ingin berkembang di dunia EV ini," katanya.

PLN jalankan berbagai program TJSL konversi EV

PLN bersama Kementerian ESDM dan AISMOLI menggelar kompetisi konversi motor berbasis bahan bakar minyak ke listrik untuk SMK. Kompetisi ini merupakan rangkaian dari PLN EV Conversion Race 2024 yang digelar di Sentul, Minggu (22/9). (dok. PLN)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.