NEWS

PLN Serius Kembangkan Ekosistem Hidrogen di Indonesia

Tangkap peluang hidrogen sebagai energi masa depan

PLN Serius Kembangkan Ekosistem Hidrogen di IndonesiaDirektur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat meresmikan Hydrogen Refueling Station (HRS) pertama di Indoensia yang berlokasi di Senayan, Jakarta, Rabu (21/2). (dok. PLN)
20 June 2024

Jakarta, FORTUNE - PT PLN (Persero) menjadi pionir pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia. Pemerintah menilai, terobosan yang dilakukan ini tak hanya mengakselerasi transisi energi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi meyakini, pengembangan hidrogen di Indonesia akan memberikan keuntungan substansial bagi perekonomian. 

"Indonesia dalam posisi yang sangat baik dalam memenuhi permintaan pasar ekspor untuk hidrogen rendah karbon di masa mendatang," kata Jodi dalam Indonesia International Hydrogen Summit, di Jakarta, Rabu (19/6).

Jodi menjelaskan, dalam mengoptimalkan potensi hidrogen, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan National Hydrogen Strategy yang menjadi peta jalan pengembangan hidrogen.

Menurutnya, diperlukan koordinasi dan kolaborasi khususnya di regional Asia Tenggara untuk meningkatkan ekosistem hidrogen. Selain itu, diperlukan pula dukungan kebijakan untuk mendorong peningkatan produksi hidrogen oleh industri. 

"Upaya-upaya ini akan memastikan PLN dapat mendorong kepemimpinan Indonesia dalam perekonomian hidrogen," tegas Jodi.

Hidrogen sebagai energi masa depan

PLN menjadi pionir pengembangan rantai pasok green hydrogen sebagai alternatif bahan kendaraan melalui 22 unit Green Hydrogen Plant (GHP). (dok. PLN)
PLN menjadi pionir pengembangan rantai pasok green hydrogen sebagai alternatif bahan kendaraan melalui 22 unit Green Hydrogen Plant (GHP). (dok. PLN)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.