NEWS

Oknum Pegawai Bank Jago Bobol Dana Nasabah Rp1,3 Miliar

Intip kronologi dan pernyataan dari Bank Jago.

Oknum Pegawai Bank Jago Bobol Dana Nasabah Rp1,3 MiliarBank Jago. (Dok. Bank Jago)
10 July 2024

Jakarta, FORTUNE - Oknum pegawai Bank Jago berinisial IA (33 tahun) ditangkap Polda Metro Jaya lantaran membobol dana nasabah senilai Rp1,3 miliar dari 112 rekening. 

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan, IA merupakan oknum pegawai Bank Jago yang bertugas sebagai contact center specialist dan berhasil mengakses sistem Bank Jago pada tahun 2023 lalu. 

"Sekitar tanggal 18 Maret 2023 sampai dengan 31 Oktober 2023 telah terjadi dugaan penyalahgunaan hak akses pada sistem yang dimiliki Bank Jago," kata Ade Safri dalam keterangan resmi yang diterima Fortune Indonesia di Jakarta, Rabu (10/7).

Ini kronologi pembobolan dana nasabah Bank Jago

Ilustrasi aplikasi Bank Jago. (Dok. Bank Jago)

Ade menjelaskan, dalam kurun waktu delapan bulan tersebut IA mampu membobol 112 rekening nasabah yang terblokir akibat terindikasi menerima aliran dana hasil tindak pidana. 

IA juga menyalahgunakan jabatannya untuk memerintahkan anak buahanya yang bertugas di bagian agent command center di Bank Jago untuk membuat permintaan pembukaan blokir rekening. Uang yang berada dari ratusan rekening tersebut kemudian dipindahkan ke satu rekening penampung milik tersangka. 

"Atas kejadian tersebut, korban yakni Bank Jago telah dirugikan kurang lebih sebesar Rp1.397.280.711," ujar Ade Safri. 

Dari kejadian tersebut, pada Kamis, (4/7) sekitar pukul 02.00 WIB, Penyidik Unit V Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, telah melakukan ungkap kasus dan upaya paksa penangkapan terhadap tersangka IA. Tersangka diduga melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

Ini penjelasan dari Bank Jago

Ilustrasi aplikasi Bank Jago. (ShutterStock/T. Schneider)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.