NEWS

Penyakit Jantung Mengintai Kaum Muda, Ini Tips Jaga Kesehatan Jantung

Gaya hidup tinggi kalori tingkatkan potensi penyakit jantung

Penyakit Jantung Mengintai Kaum Muda, Ini Tips Jaga Kesehatan JantungIlustrasi olahraga lari. (Pixabay/Kinkate)
30 July 2024

Jakarta, FORTUNE - Penyakit Jantung menjadi salah satu penyakit tidak menular (non-communicable disease) yang saat ini semakin sering ditemui di berbagai kalangan masyarakat tanpa mengenal usia.

Meskipun begitu, beberapa mitos dan fakta terkait penyakit jantung masih saling tumpang tindih. Bahkan, beberapa mitos ini masih seringkali berseliweran dan mengabaikan fakta yang sebenarnya tentang penyakit jantung.

Contoh mitos ini misalnya penyakit jantung hanya dialami oleh kalangan lansia, sehingga usia di bawah 40 tahun tidak perlu khawatir akan penyakit jantung. Faktanya, Perhimpunan Dokter spesialis kardiovaskular Indonesia menyebutkan tren peningkatan penyakit jantung tersebar di semua kelompok umur, termasuk di usia muda kurang dari 40 tahun dengan prevalensi serangan jantung yang meningkat sebanyak 2 persen setiap tahunnya sejak 2000-2016. Selain itu, studi yang dipublikasikan di American Journal of Medicine menyebutkan fakta bahwa 1 dari 5 pasien serangan jantung berusia di bawah 40 tahun.

Gaya hidup tinggi kalori tingkatkan potensi penyakit jantung

Ilustrasi makan camilan.
Ilustrasi makan camilan. (Pixabay/RyanMcGuire)

Menanggapi hal tersebut, Country Chief Product Officer Allianz Indonesia, Himawan Purnama menjelaskan bahwa kondisi itu erat kaitannya dengan semakin meningkatnya gaya hidup tidak sehat di masa modern ini, mulai dari makanan tinggi kalori hingga malas bergerak atau jarang berOlahraga.

Namun demikian, dalam beberapa kasus juga ditemukan beberapa kejadian serangan jantung yang justru terjadi saat seseorang sedang berolahraga. Kejadian ini juga menimbulkan mitos lainnya bahwa orang yang memiliki risiko jantung harus menghindari olahraga. Faktanya, dengan olahraga justru akan memperkuat otot jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. 

Dengan demikian, bagi pemula yang tidak pernah aktif berolahraga sebelumnya dan menderita penyakit jantung, maka diperlukan rencana olahraga yang sesuai dan tidak melewati batas.

Berdasarkan data Kemenkes RI di tahun 2023, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia yaitu sebesar 14,38 persen. Tidak hanya itu, penyakit jantung juga menjadi perhatian dunia karena menyebabkan 16,17 persen kematian di dunia.

“Apabila peningkatan seperti ini terus berlanjut, maka estimasi di 2024, peningkatannya bisa mencapai hingga 50 persen. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan”, kata Himawan.

Berdasarkan data jumlah klaim Asuransi kesehatan di Allianz Life Indonesia, penyakit jantung juga termasuk salah satu dari tiga kasus klaim penyakit kritis tertinggi di Allianz Life Indonesia. Ia mengungkapkan, pada semester I di tahun 2024, Allianz telah membayar lebih dari Rp15 miliar untuk sekitar 300 klaim serangan jantung pertama.

Ini tips menjaga dan cek kesehatan jantung

Gejala Nyeri Dada akibat Penyakit Jantung/Dok Allianz

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.