NEWS

Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi di ASEAN

BPS catat pengangguran terbuka RI capai 7,2 juta jiwa.

Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi di ASEANSejumlah pencari kerja mengunjungi pameran bursa kerja Jakarta Job Fair di PGC, Jakarta, Rabu (8/12/2021)/ ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
22 July 2024

Jakarta, FORTUNE - Laporan World Economic Outlook, dari Dana Moneter Internasional (IMF) menyebutkan bahwa tingkat Pengangguran di Indonesia mencapai 5,2 persen, pada April 2024. Angka itu merupakan yang tertinggi di antara enam negara Asia Tenggara lainnya. 

Ironisnya, posisi ini tidak berubah dari tahun sebelumnya, meskipun angkanya sedikit menurun dari 5,3 persen. Adapun data tingkat pengangguran di negara-negara ASEAN lainnya menurut laporan IMF antara lain Filipina 5,1 persen, Brunei Darussalam 4,9 persen, Malaysia 3,52 persen, Vietnam 2,1 persen, Singapura 1,9 persen, dan Thailand 1,1 persen. 

Thailand menjadi negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia, mengalahkan negara-negara maju seperti Singapura, Jepang, bahkan Amerika Serikat (AS). Di sisi lain, Indonesia masih memegang posisi tertinggi di ASEAN dalam hal tingkat pengangguran.

Ini definisi tingkat pengangguran IMF

ilustrasi : IMF
Shutterstock/Bumble Dee

IMF mendefinisikan tingkat pengangguran sebagai persentase angkatan kerja yang sedang mencari pekerjaan. Angkatan kerja ini mencakup penduduk usia produktif yang sedang bekerja atau aktif mencari kerja.

Seperti contoh, mahasiswa, ibu rumah tangga, serta penduduk tanpa pekerjaan yang tidak lagi mencari kerja tidak termasuk dalam hitungan ini.

Sebagai informasi tambahan, negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia, yaitu Afrika Selatan. Hal ini berdasarkan data Trading Economy per 27 September 2023 yang menunjukkan tingkat pengangguran di Negeri Pelangi itu mencapai 32,6 persen. Di posisi kedua ada Spanyol dengan tingkat pengangguran sebesar 11,6 persen.

BPS catat pengangguran terbuka RI capai 7,2 juta jiwa

pengangguran friksional
ilustrasi pengangguran friksional (unsplash.com/Emil Kalibradov)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.