NEWS

Tren Harga Jual Rumah Kecil di Jaksel Naik, Jakut Turun

Minat milenial jadi penyebab kenaikan harga rumah.

Tren Harga Jual Rumah Kecil di Jaksel Naik, Jakut Turunilustrasi membeli rumah KPR (pexels.com/RDNE Stock project)
21 June 2024

Jakarta, FORTUNE - Tren harga jual rumah kecil bertipe 54 untuk wilayah Jakarta Selatan mengalami kenaikan pada awal pertengahan 2024. Sementara di sisi lain, harga Properti dengan tipe sama di kawasan Jakarta Utara dalam tren penurunan.   

Menurut laporan indeks Pinhome yang dikutip Jumat (21/6), rumah tipe kecil atau yang biasanya berukuran 54 atau lebih kecil menjadi favorit pembeli rumah pertama serta konsumen dari golongan milenial. Kondisi demikian mendorong kenaikan harga jual tertinggi secara kuartalan di Kabupaten Bekasi sebesar 11 persen, Jakarta Selatan 9 persen, Jakarta Pusat 8 persen, dan Bogor 8 persen.

Sejumlah daerah yang mengalami penurunan harga jual rumah tipe kecil ialah Jakarta Utara, Barat, dan Tangerang. Penurunan harga jual rumah tipe kecil terkonsentrasi di Jakarta Utara yang turun 16 persen, Jakarta Barat turun 13 persen, dan Tangerang turun 14 persen.

Pinhome rilis 2 index penjualan dan penyewaan rumah

membeli rumah
ilustrasi membeli rumah (unsplash.com/Tierra Mallorca)

Sebagai pionir end-to-end property-tech platform di Indonesia, Pinhome telah meluncurkan dua indeks baru yakni Pinhome Home Value Index (PHVI) dan Pinhome Home Rental Index (PHRI). Kedua indeks tersebut memberikan informasi harga jual dan sewa rumah terkini yang dapat memberdayakan para pelaku industri properti, pembeli, pemilik rumah, penyewa, serta pemerintah daerah dalam mengambil keputusan strategis.

“Dengan data yang akurat dan mudah diakses, kami yakin semua pihak dapat membuat keputusan properti yang tepat, baik dalam membeli, menjual, sewa menyewa, maupun dalam merencanakan pembangunan dan membuat kebijakan perumahan yakni pemerintah daerah sehingga bisa lebih efektif,” kata CEO dan Co-founder Pinhome, Dayu Dara Permata, melalui keterangan resmi yang dikutip Jumat (21/9).

Menurutnya, index harga pembelian dan sewa properti tersebut dirancang untuk memberikan gambaran yang akurat tentang tren harga jual dan sewa rumah di berbagai wilayah dan tipe properti.

Indeks ini didasarkan pada analisis data yang komprehensif dari basis data Pinhome yang mencakup lebih dari 1 juta inventori perumahan di berbagai penjuru Indonesia. 

Harga rumah sewa di Jaksel naik 15%

Jenis-jenis KPR
ilustrasi perumahan (wikimedia commons/aldo samulo)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.