NEWS

Daftar Negara Tujuan Wisata Favorit Warga Indonesia, Siapa Juara?

Malaysia merupakan negara tujuan wisata favorit wisnas.

Daftar Negara Tujuan Wisata Favorit Warga Indonesia, Siapa Juara?Ilustrasi liburan dengan road trip. (Pixabay/ErikaWittlieb)
03 September 2024

Jakarta, FORTUNE - Apa saja daftar negara tujuan wisata favorit warga Indonesia? Badan Pusat Statistik (BPS) telah membukukan datanya.

Adapun, berdasarkan laporan BPS, setidaknya ada 5,34 juta masyarakat Indonesia yang berlibur ke destinasi wisata internasional selama Januari sampai dengan Juli 2024. Angka itu bertumbuh 22,15 persen (YoY) dibandingkan periode yang sama pada 2023. Secara bulanan, jumlah wisatawan nasional (wisnas) pada Juli 2024 itu naik 7,23 persen dibandingkan Juni 2024. 

Jika ditelisik lebih jauh, negara mana saja yang menjadi tujuan wisata favorit wisatawan asal Indonesia selama periode tersebut? Apakah negara tetangga atau bukan? Berikut ini ulasan informasinya, dilansir dari data BPS per Juli 2024.

Daftar negara tujuan wisata favorit warga Indonesia per Juli 2024

  • Malaysia

Negeri Jiran atau tetangga terdekat Indonesia ini merupakan destinasi favorit nomor satu para wisatawan asal Indonesia selama Januari sampai Juli 2024. Pada Juli 2024 saja, 33,13 persen dari seluruh total wisnas memutuskan pelesiran ke Malaysia.

  • Arab Saudi

Di posisi kedua ada Arab Saudi, yang didatangi oleh 18,33 persen dari jumlah wisnas pada periode tersebut. 

  • Singapura

Ketiga, Singapura. Dari jutaan wisnas Indonesia sepanjang 2024, sekitar 12,86 persen di antaranya berkunjung ke Singapura.

  • Thailand

Kemudian, negara Asia Tenggara lain yang banyak didatangi oleh wisnas adalah Thailand. Negeri Gajah Putih ini menjadi destinasi Liburan 5,18 persen dari total turis Indonesia.

  • Cina

Negara yang juga jadi tujuan wisata favorit warga Indonesia adalah Cina. Setidaknya 4,24 persen dari jumlah wisnas Indonesia di 2024 memilih Negeri Tirai Bambu sebagai tempat untuk melepas penat atau berlibur.

  • Timor Leste

Di peringkat keenam dalam daftar negara tujuan wisata favorit warga Indonesia ada Timor Leste. Sebanyak 4,09 persen dari wisnas menghabiskan waktu liburan ke sana.

  • Kamboja

Selanjutnya ada Kamboja, yang didatangi oleh 2,83 persen dari jumlah wisnas selama tahun ini.

  • Jepang

Jepang juga termasuk satu dari 10 negara tujuan wisata favorit warga Indonesia. Data BPS menunjukkan, setidaknya 2,72 persen dari jumlah wisnas sepanjang 2024 memilih Jepang sebagai lokasi untuk berlibur.

  • Australia

Di posisi kesembilan, ada Australia, dengan total 2,72 persen wisnas.

  • Korea Selatan

Lalu, seiring dengan semakin terkenalnya K-Pop dan K-Drama, Korea Selatan pun kini dipilih wisnas sebagai salah satu negara untuk berlibur. 1,52 persen dari total wisnas selama 2024 telah berpelesir ke Negeri Ginseng itu.

Sisanya, yakni 12,38 persen wisnas, memilih negara-negara lainnya sebagai destinasi wisata.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.