NEWS

Layout Baru Ujian Praktik SIM C: Jalur Zig-Zag Dihapus

Jalur angka 8 diubah jadi huruf S.

Layout Baru Ujian Praktik SIM C: Jalur Zig-Zag DihapusSepeda motor. (Wikimedia Common/Putu Agung Wiaskara)
08 August 2023

Jakarta, FORTUNE - Ujian praktik SIM C mengalami sedikit perubahan. Lantas, bagaimana layout baru ujian praktik SIM C saat ini?

Selama ini, setiap pengendara yang mengajukan permohonan SIM C untuk roda dua harus melalui ujian praktik berupa lintasan menyerupai angka delapan dan berliku-liku (zig-zag). Tapi, kini lintasan ujian itu dihapuskan dan diganti dengan lintasan baru.

Layout baru lintasan ujian praktik SIM C sudah tersedia di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat mulai minggu ini. 

Kepala Korps Lalu Lintas atau Kakorlantas Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Irjen Pol Firman Shantyabudi berharap, seluruh Kepolisian Resor (Polres) dapat mengaplikasikan lintasan dan tata letak ujian praktik SIM C seperti di Satpas Daan Mogot.

“[Pada] Senin (7/8) masing-masing jajaran sampai ke tingkat polres sudah bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat sore hari ini,” kata Firman, sebagaimana diberitakan Antara pada Jumat (4/8). 

Adapun, Polri telah dikritik oleh masyarakat tentang sulitnya menjalani ujian praktik SIM C di jalur zig-zag dan angka delapan. Bukan sekali-dua kali juga topik ini menjadi sorotan para warganet di media sosial. Bahkan pernah ada yang membandingkannya dengan ujian praktik SIM motor di negara lain.

Layout baru ujian praktik SIM C di Polri dan perubahan secara detail

Secara terperinci, ada tiga perubahan pada tata letak atau jalur lintasan ujian praktik SIM C terbaru. Apa saja itu? Berikut ini ulasan informasi yang berasal dari pernyataan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, dilansir dari Antara:

  • Lintasan angka delapan diganti huruf S

Tahu lintasan angka delapan di tahap ujian SIM? Kini, jalur tersebut sudah diubah menjadi seperti huruf S.

  • Ukuran lintasan lebih lebar

Selain itu, lintasan untuk ujian praktik SIM yang terbaru ukurannya lebih lebar dari sebelumnya. Awalnya 1,5 kali lebar kendaraan, tapi sekarang luasnya 2,5 kali lebih besar dan lebar.

  • Tes zig-zag dihapus

Ketiga, ujian praktik di lintasan yang mengharuskan Anda bergerak zig-zag pun sudah dihapuskan. Jadi, para peserta tes ujian tidak perlu melewati jalur tersebut lagi untuk bisa mendapatkan SIM C.

“Intinya, ada sejumlah [lintasan] yang dianggap sulit tetapi tak mengurangi keselamatan dan keahliannya,” kata Latif pada pekan lalu.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.